SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah
sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang,
proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini
digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana
orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang
jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis.
Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi
biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan
dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda
dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses
bisnis.
Alter berpendapat untuk sistem
informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu
sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan
sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan.
Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk
pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan
menampilkan) informasi.
Dengan demikian, sistem informasi
antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di
sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan
diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat
dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
Sistem
informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin
sistem informasi dan organisasi informatika.
Sistem
informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak,
perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan,
mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.
Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan
Sistem informasi
adalah kumpulandari sub-sub sistem baik phisik maupun non phisik
yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja
sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data
menjadi informasi yang berguna.
Tujuan
Sistem Informasi
Tujuan
dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah
data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang
diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat
berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada
orangnya atau relevan (relevance),
tepat waktu (timeliness), dan
tepat nilainya atau akurat (accurate).
Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai
informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).
Komponen
Komponen prosedur dalam SI berkaitan
dengan prosedur manual dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk
mengolah data menjadi informasi yang berguna. Suatu prosedur adalah urutan
langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktivitas pengolahan
informasi. Pengolahan informasi ini dapat dikerjakan dengan pengguna, atau
kombinasi pengguna dan staff TI. Suatu bisnis terdiri dari berbagai macam
prosedur yang digabungkan secara logis untuk membentuk suatu sistem. Sebagai
contoh sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi adalah sistem penggajian,
personalia, akuntansi, dan gudang.
Ini terdiri
dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur.
SI dapat
dikategorikan dalam empat bagian:
1.
Sistem Informasi Manajemen
2.
Sistem pendukung keputusan
3.
Sistem Informasi Eksekutif
4.
Sistem Pemrosesan Transaksi
Ciri-Ciri
Sistem Informasi
a. Baru,adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar
bagi penerima
b. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan
tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
c. Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi
dari informasi yang salah sebelumnya.
d. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi
yang telah ada
Daftar Pustaka:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri-fungsi.html
Komentar
Posting Komentar